Mahasiswa UIN Bandung Beri Rapor Merah Ke Rektor Jelang Masa Purna Tugasnya

Rektor UIN Bandung, Mahmud menerima kritikan dari mahasiswanya jelang berakhirnya jabatannya sebagai pimpinan tertinggi kampus tersebut. Kritikan tersebut disampaikan mahasiswa melalui postingan instagram dewan eksekutif mahasiswa UIN Bandung.

Ehsa Nagara
Minggu, 21 Mei 2023 | 18:04 WIB
Mahasiswa UIN Bandung Beri Rapor Merah Ke Rektor Jelang Masa Purna Tugasnya
Rektor UIN Bandung, Mahmud mendapat kritikan dari mahasiswanya menjelang masa berakhirnya jabatan rektor. (Instagram/demauinsgd)

SuaraBandungBarat.id - Jelang berakhirnya masa jabatan rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Mahmud mendapat kritikan pedas dari mahasiswanya.

Kritikan dari mahasiswa tersebut disampaikan melalui postingan instagram @demauinsgd bertajuk, "RAPOR MERAH REKTOR UIN BANDUNG KEGAGAPAN DAN KEGUGUPAN PROF MAHMUD".

Dalam keterangannya disampaikan, menjelang berakhirnya masa jabatan rektor merupakan momentum untuk merefleksikan dan mengevaluasi perjalanan yang telah dijalani.

Dituliskan bahwa rektor telah memainkan peran yang krusial dalam mengarahkan serta mengelola kampus UIN Bandung. Evaluasi ini merupakan kesempatan bagi banyak pihak untuk melihat kembali pencapaian, tantangan dan dampak yang terjadi selama kepemimpinannya.

Baca Juga:5 Fakta Hoaks 'Panglima TNI Dukung Anies' Berbuntut Panjang: Tim Khusus Dibentuk

Dalam narasi kritik yang disampaikan, Mahasiswa UIN Bandung menyebut bahwa kritikan kepada rektor jelang masa purnanya merupakan bentuk kasih sayang dan cinta dari segenap mahasiswa.

Setidaknya ada 8 poin yang menjadi kritikan mahasiswa terhadap kinerja Mahmud selama memimpin sebagai rektor UIN Bandung.

1. Fasilitas kampus

Mahasiswa menyoroti sistem kebersihan kampus yang tidak nyaman seperti fasilitas kamar mandi yang menimbulkan banyak keresahan serta memerlukan perhatian lebih, selain itu lahan parkir kampus yang kurang memadai serta keamanan dan kenyamanan baik di area parkir atau pun lingkungan kampus.

2. Akademik (MBKM & Sistem Salam)

Disampaikan bahwa sistem Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) UIN Bandung telah sejak lama berjalan namun keberdampakan dari program ini tidak banyak dirasakan oleh mahasiswa, hasilnya banyak mahasiswa UIN Bandung yang tidak mengetahui program ini dan tentunya merugikan mahasiswa sendiri.

3. Kuliah Kerja Nyata

Disebutkan bahwa ketidakseriusan pihak kampus dalam menyelesaikan permasalahan ini menjadi salah satu dasar penuntutan banyak mahasiswa yang menilai bahwa rektor tidak memiliki pedulian terhadap mahasiswanya. Tenggat waktu pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan pembayaran KKN menjadi persoalan klasik yang tidak pernah diselesaikan.

4. Mahasiswa menuntut Jembatan Penyebrangan Orang (JPO)

Bahwa di kampus II UIN Sunan Gunung Djati yang dekat dengan jalur cepat Jalan Soekarno-Hatta mendapat keprihatinannya sendiri karena ditakutkan arus lalu lintas yang cepat tersebut dapat membahayakan mahasiswa secara keseluruhan. Diharapkan, pihak kampus dapat melakukan upaya solusi terhadap hal tersebut.

5. Kinerja Dosen yang ugal-ugalan

Mahasiswa pun menyoroti dosen yang tidak mengajar secara serius seperti hanya membicarakan masalah pribadi atau berbagi pengalam sepanjang satu semester pembelajaran. Selain itu kerap pula ditemui dosen yang tidak masuk kelas dan tentunya hal ini merugikan mahasiswa sendiri yang merupakan subjek dari pendidikan tinggi.

6. Inkonsistensi Pikiran Rektor terhadap pemberantasan pelecehan dan kekerasan seksual

Disebutkan bahwa ada niatan untuk memfungsikan Pusat Studi Gender dan Anak (PGSA) menjadi satgas pemberantasan pelecehan dan kekerasan seksual namun keberadaan dan kebermanfaatannya masih dipertanyakan. Di sini, dalam anggapan mahasiswa terdapat inkonsistensi pikiran rektor.

7. Bentuk Kerjasama UIN Bandung yang tidak berpihak terhadap kepentingan mahasiswa

Selain itu, mahasiswa pun menyoroti persoalan kerjasama kampus yang dinilai tidak berkorelasi dengan kebutuhan mahasiswanya sendiri karena tidak menjawab apa yang menjadi kepentingannya. Seperti kebutuhan sponsorship organisasi mahasiswa serta persoalan yang akan menunjang studi penelitian.

8. Tidak representatifnya Mahmud sebagai bentuk kegagapan dan kegugupannya

Diketahui, rektor UIN Bandung, Mahmud juga menjabat sebagai ketua Forum PTKIN se-Indonesia, sayangnya hal ini tidak serta merta membuat gagasan dan perubahan dibawanya untuk kebaikan bersama melainkan dalam kritikan mahasiswa hanya menjadi simbol yang berdampakannya tidak dirasakan secara nyata dan menjadi fakta.

Hingga berita ini diturunkan, pihak kampus UIN Sunan Gunung Djati sendiri belum memberikan respon terhadap kritikan yang diberikan mahasiswanya. Terakhir, postingan dari Dewan Eksekutif Mahasiswa UIN Bandung telah mendapat tanggapan dari hampir 2.000 orang lebih. (*)

Daerah

Terkini

Angela Lee kecelakaan mobil saat perjalanan menuju Semarang, intip profilnya lengkap dengan nama anak, suami hingga pekerjaannya saat ini.

Hiburan | 09:40 WIB

Angela Lee lakukan sayembara untuk temukan ponsel iPhone 13 Pro Max miliknya yang hilang saat peristiwa kecelakaan yang menimpanya pada hari Jumat (26/5/2023) lalu.

Hiburan | 09:35 WIB

Beredar kabar yang menyebut jika Gubernur Lampung Arinal Djunaidi diproses hukum dan membuatnya marah-marah, kabar ini disinyalir salah satunya disebabkan karena kasus Bima belakangan ini, simak penjelasannya berikut ini.

Berita | 23:10 WIB

Jerawat adalah masalah kulit yang umum dijumpai oleh banyak orang karena faktor yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Simak berikut ini cara mengatasi jerawat secara alami, trutama bagi kaum muda yang banyak mengalaminya.

Berita | 23:01 WIB

Disebutkan bahwa ketika ukuran jempol kaki besar, maka ukuran Mr. P juga pasti besar, begitu juga sebaliknya. Menanggapi hal itu, Seksolog ternama Indonesia, dr. H. Boyke Dian Nugraha, SpOG MARS alias Dokter Boyke jelaskan soal anggapan tersebut.

Berita | 22:45 WIB

Cek fakta terkait kebenaran informasi dari sebuah video yang mengklaim bahwa dr. Richard Lee keceplosan ungkap Inara Rusli tengah dekat dengan sosok pengusaha muda kaya raya. Setelah ditelusuri, ternyata informasi tersebut adalah berita bohong atau hoaks

Hiburan | 22:21 WIB

Kronologi kecelakaan yang menimpa Angela Lee saat melakukan perjalanan dari Semarang menuju Yogyakarta hingga membuatnya tak sadarkan diri selama dua hari.

Hiburan | 21:55 WIB

Profil biodata selebgram, pengusaha dan model Angela Lee yang alami kecelakaan saat perjalanan dari Semarang menuju Yogyakarta hingga tak sadarkan diri selama 2 hari.

Hiburan | 21:49 WIB

Miliki pesona dan wajah cantik, lima artis ini ternyata jebolan ajang Miss Indonesia. Kini mereka sukses menapaki karir di dunia entertainment.

Hiburan | 21:43 WIB

Cek fakta terkait kebenaran informasi dari sebuah video yang mengklaim bahwa Nunug Srimulat meninggal usai melawan penyakit yang dideritanya. Setelah ditelusuri, ternyata informasi tersebut adalah berita bohong atau hoaks

Hiburan | 21:39 WIB

Satu pelaku perampokan memaksa pegawai minimarket untuk menyerahkan kunci brankas uang sambil menodongkan pistol

Metropolitan | 18:21 WIB

Tak hanya memukul wanita, pelaku juga memukuli sopir yang menegurnya karena menyerobot antrean SPBU

Metropolitan | 18:16 WIB

Trunoyudo juga menegaskan penyidik akan secara proporsional dan profesional dengan mengedepankan scientific crime investigation

Metropolitan | 18:09 WIB

Karyoto merasa bertanggung jawab atas ramai pemberitaan terkait Mario Dandy

Metropolitan | 15:45 WIB

"Pelaku dua orang ditangkap di Tanah Abang. Salah satu pelaku merupakan residivis," ujar Hengki

Metropolitan | 12:18 WIB

Mereka khawatir tangan adik Rafathar Malik Ahmad itu terjepit.

Gosip | 10:19 WIB

Lolly membuat Nikita Mirzani emosi setelah menyatakan ingin hidup mandiri tanpa uang ibunya.

Gosip | 09:57 WIB

Sidang cerai perdana Desta dan Natasha Rizki digelar hari ini.

Gosip | 09:12 WIB

Ivan Gunawan menyandang julukan Super Mega Bintang sejak 2019.

Gosip | 09:06 WIB

"Doain saja Mimi cepet mati Lolly, biar kamu langsung dapat harta Mimi," ucap Nikita Mirzani buat sang anak, Lolly.

Gosip | 08:37 WIB
Tampilkan lebih banyak