Ingin Punya Pahala Seperti Shaum Selama Satu Tahun? Inilah 5 Keutamaan Puasa Syawal yang Wajib Diketahui

Puasa Syawal adalah salah satu amalan yang dapat dilakukan oleh, kaum muslimin setelah menunaikan ibadah puasa bulan suci Ramadhan. Amalan yang dikerjakan setelah memasuki bulan Syawal, yang dilakukan selama 6 hari. Barang siapa yang mengerjakannya, maka sama dengan berpuasa 1 tahun penuh.

Tita Kurnia Asih
Sabtu, 22 April 2023 | 17:01 WIB
Ingin Punya Pahala Seperti Shaum Selama Satu Tahun? Inilah 5 Keutamaan Puasa Syawal yang Wajib Diketahui
Ilustrasi, seseorang sedang melakukan doa ketika melaksanakan puasa syawal karena mengetahui keutamaannya. (Monstera dari Pexels)

SuaraBandungBarat.Id – Berpuasa di bulan Syawal memiliki keutamaan dan manfaat yang istimewa, inilah beberapa keutamaan puasa syawal selama 6 hari setelah puasa Ramadhan, diantaranya : 

1.      Seperti Puasa 1 Tahun

Barang siapa yang melaksanakan ibadah puasa dibulan Syawal, maka ia akan mendapatkan ganjaran seperti berpuasa satu tahun penuh.

Dari Abu Ayyub Al Anshari, Nabi SAW bersabda:

Baca Juga:Niat Puasa Syawal Baik Pada Malam Hari Maupun Siang Hari yang Wajib Kalian Ketahui!

“Barang siapa yang berpuasa Ramadhan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh,” (HR. Muslim: 1164).

2.      Penyempurna Ibadah Wajib

Puasa Syawal dapat juga menutup kekurangan serta menyempurnakan ibadah wajib. Amalan tersebut sama halnya seperti mengerjakan sholat sunnah Rawatib.

Setiap orang memiliki kekurangan dalam menjalankan amalan wajibnya, maka pada amalan sunnah puasa Syawal ini lah yang berguna untuk menyempurnakan ibadah kita.

3.      Tanda Diterima Amalan Berpuasa

Baca Juga:Buat yang Belum Tau Ternyata Gini Ciri Orgasme Pada Wanita, Simak Selengkapnya Menurut Dokter Boyke

Berpuasa di bulan Syawal ini juga merupakan, tanda diterimanya amalan-amalan kita saat berpuasa pada bulan Ramadhan.

Sebagian Ulama berkata: “Pahala kebaikan adalah kebaikan (yang dilakukan) setelahnya. Barang siapa beramal kebaikan kemudian diikuti dengan kebaikan berikutnya, maka itu sebagai tanda diterimanya amal kebaikan yang pertama. Sementara orang yang melakukan amal keburukan setelah kebaikan, itu sebagai tanda amal tak diterima,”

4.      Penanda Ibadahnya Bukan Musiman

“Dan ketahuilah bahwasanya amalan yang paling dicintai oleh Allah yang terus-menerus ataupun sedikit,” (HR. Muslim: 2818).

5.      Bentuk Rasa Syukur Kepada Allah SWT

Allah SWT berfirman yang artinya:

“Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur,” (QS. Al-Baqarah: 185).

Rasa syukur harus senantiasa dilakukan, bukan hanya ketika kita mendapatkan nikmat saja.

Berikut beberapa amalan yang wajib kalian ketahui, untuk mendapatkan pahala sebesar-besarnya. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber Berita : Youtube / goodtastic

REKOMENDASI

BERITA TERKAIT

Berita

Terkini

Tampilkan lebih banyak