CEK FAKTA: Benarkah Christiano Ronaldo Dukung Indonesia Tolak Timnas Israel di Piala Dunia U20? Ternyata...

Beredar video dan narasi yang beredar jika pesepakbola Christiano Ronaldo mendukung sikap Indonesia yang menolak timnas Israel dalam Piala Dunia U20, berikut ternyata fakta sebenarnya.

Ehsa Nagara
Kamis, 13 April 2023 | 19:07 WIB
CEK FAKTA: Benarkah Christiano Ronaldo Dukung Indonesia Tolak Timnas Israel di Piala Dunia U20? Ternyata...
Cristiano Ronaldo diklaim mendukung Indonesia yang menolak kedatang Israel, berikut adalah faktanya. (Instagram @cristiano)

SUARA BANDUNG BARAT - Pemain Al Nassr FC sekaligus pemain sepak bola paling dikenal Christiano Ronaldo dikabarkan mendukung sikap Indonesia yang menolak kedatangan Timnas Israel untuk berlaga di Piala Dunia U20, sontak video ini segera menyebar dan viral di media sosial.

Salah satu akun yang membagikan video Christiano Ronaldo tersebut adalah akun instagram @berbagisemangat sebagaimana kami kutip pada Senin (10/4/2023).

Narasi dalam video tersebut menyebut jika CR7 mendukung keputusan Indonesia yang menolak Timnas Israel sekaligus menyayangkan langkah FIFA yang justru membatalkan Indonesia sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U20.

"Cristiano Ronaldo Dukung Keputusan Indonesia Tolak Timnas Israel di Piala dunia U20, Namun Sesalkan Langkah FIFA yang Membatalkan Indonesia sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U20," tulis akun tersebut.

Baca Juga:Mahasiswa UIN Bandung Demonstrasi di Depan Wamenkumham, Begini Tuntutannya

Namun benarkah klaim dari akun tersebut?.

Kami kemudian melakukan penelusuran terhadap klaim yang melibatkan bintang dunia sepakbola tersebut dan menemukan jika video tersebut adalah hoaks dan salah. Karena video tersebut ternyata telah beredar sejak Januari 2023 lalu.

Sementara, gelombang ekstrim penolakan Timnas Israel datang ke Indonesia terjadi pada akhir Maret 2023 sehingga akhirnya FIFA menilai Indonesia belum siap dan mampu menyelenggarakan event sepakbola terbaik ke dua ini.

Hasilnya adalah FIFA mencabut status tuan rumah Piala Dunia Indonesia dan digantikan oleh Argentina sebagai penyelenggara baru, adapun video yang menyebut Ronaldo mendukung keputusan Indonesia ternyata konferensi pertama ia saat diperkenalkan sebagai pemain Al-Nassr.

Konferensi tersebut terjadi pada 3 Januari 2023 lalu di Mrsool Park, Riyadh ibu kota Arab Saudi menjelang upacara perkenalan bersama Al Nassr.

Baca Juga:CEK FAKTA: Ketua DPR Ditangkap KPK, Akibat Demonstrasi Mahasiswa?

Maka, dapat disimpulkan jika video yang mengklaim Ronaldo mendukung keputusan Indonesia karena menolak Israel ternyata adalah hoaks, informasi ini adalah salah satu jenis konten yang telah dimanipulasi yang bertujuan untuk mengecoh publik dan mengundang penonton. (*)

REKOMENDASI

BERITA TERKAIT

Hiburan

Terkini

Tampilkan lebih banyak