CEK FAKTA: Masya Allah! Jenazah Imam Samudra Masih Utuh saat Makamnya Dibongkar untuk Pelebaran Jalan

Kembali viral di media sosial yang mengklaim jika jenazah Imam Samudra tetap utuh meski sudah lama dikubur, usut punya usut pembongkaran makam tersebut ditujukan untuk pelebaran jalan, berikut adalah ulasannya.

Ehsa Nagara
Kamis, 13 April 2023 | 19:03 WIB
CEK FAKTA: Masya Allah! Jenazah Imam Samudra Masih Utuh saat Makamnya Dibongkar untuk Pelebaran Jalan
Potret Imam Samudra, terpidana bom bali. (Wikipedia)

SUARA BANDUNG BARAT - Baru-baru ini kembali ramai diperbincangkan di media sosial tentang postingan video yang mengklaim jenazah Imam Samudra masih utuh saat makamnya dibongkar untuk pelebaran jalan.

Salah satu akun ada yang membagikannya di Facebook pada 4 April 2023 lalu, dalam unggahan disertakan video seorang jenazah sedang dibuka kain kafannya dan memperlihatkan wajahnya yang masih utuh.

Video tersebut disertai dengan klaim, "Imam Samudra makamnya dibongkar karena terkena gusur pelebaran jalan," dan hingga kini video tersebut sudah diputar lebih dari 250 ribu kali penayangan.

Jumlah penayangan video yang relatif besar tersebut mengidentifikasi atensi publik meskipun tingkat kebenaran dalam video tersebut masih dipertanyakan.

Baca Juga:Mahasiswa UIN Bandung Demonstrasi di Depan Wamenkumham, Begini Tuntutannya

Lantas, benarkah klaim postingan video yang mengklaim jenazah Imam Samudra masih utuh saat makamnya dibongkar karena pelebaran jalan?.

Kami melakukan penelusuran terkait klaim video tersebut dan menemukan keterangan bahwa klaim video tersebut ternyata adalah salah.

Bahkan, hal ini telah diklarifikasi sendiri oleh pihak keluarga Imam Samudera yang mengatakan jika pembongkaran makam tersebut tidak benar.

"Nyatanya di sini makamnya masih utuh, saya ingin memberitahukan berita itu hoaks dan tidak benar," ungkap salah seorang keluarga imam Samudera dalam video yang tayang di Vidio.com pada 24 Juli 2018 berjudul, "Rekaman Pembongkaran Makam Imam Samudra ternyata Hoax".

Maka, dapat dipastikan video yang mengklaim jasad Imam Samudra masih utuh saat makamnya dibongkar untuk pelebaran jalan adalah salah dan termasuk dalam informasi yang menyesatkan. (*)

Baca Juga:CEK FAKTA: Ketua DPR Ditangkap KPK, Akibat Demonstrasi Mahasiswa?

REKOMENDASI

BERITA TERKAIT

Berita

Terkini

Tampilkan lebih banyak