Teddy Minahasa Dituntut Hukuman Mati

Mantan Kapolda Sumatra Barat, Irjen Pol Teddy Minahasa melambaikan tangan kepada awak media usai mengikuti agenda sidang dakwaan di Pengadilan Negeri Jakarta Barat, Jakarta dan Irjen Teddy Minahasa dituntut hukuman mati dalam kasus peredaran narkotika.

Dinarr Shihab
Kamis, 30 Maret 2023 | 14:19 WIB
Teddy Minahasa Dituntut Hukuman Mati
sidang Irjen Teddy (Tangkap Layar Youtube TVONE)

suarabandungbarat.id - Mantan Kapolda Sumatera Barat Irjen Teddy Minahasa menjalani sidang tuntutan. Jaksa meyakini Teddy bersalah dalam kasus tukar sabu barang bukti kasus narkoba dengan tawas.

Jaksa penuntut umum (JPU) menilai Teddy terbukti secara sah dan meyakinkan telah bersalah melakukan tindak pidana urut serta melakukan secara tanpa hak atau melawan hukum menawarkan untuk dijual, menjual, menjadi perantara dalam jual beli, menukar dan menyerahkan Narkotika Golongan I bukan tanaman, yang beratnya lebih dari 5 gram.

"Menyatakan terdakwa Teddy Minahasa Putra bin Haji Abu Bakar telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana," kata jaksa saat membacakan tuntutan di PN Jakarta Barat, dikutip dari YouTube TV ONE (30/3/2023).

"Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa Teddy Minahasa Putra dengan pidana mati," sambung jaksa.

Baca Juga:4 Zodiak yang Cenderung Memancing Mantannya demi Perhatian dan Validasi

Jaksa menuntut Irjen Teddy Minahasa dengan tuntutan hukuman mati. Jaksa meyakini Teddy bersalah melanggar Pasal 114 ayat 2 UU No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

Pasal tersebut mengatur bahwa dalam hal perbuatan menawarkan untuk dijual, menjual, membeli, menjadi perantara dalam jual beli, menukar, menyerahkan, atau menerima Narkotika Golongan I sebagaimana dimaksud pada ayat (1) yang dalam bentuk tanaman beratnya melebihi 1 satu kilogram atau melebihi lima batang pohon atau dalam bentuk bukan tanaman beratnya lima gram, pelaku dipidana dengan pidana mati, pidana penjara seumur hidup, atau pidana penjara paling singkat enam tahun dan paling lama dua puluh tahun dan pidana denda maksimum sebagaimana dimaksud pada ayat (1) ditambah sepertiga.

Jaksa mengatakan Teddy juga tak mengakui dan terus menyangkal perbuatannya. Selain itu, Teddy juga berbelit-belit saat menyampaikan keterangan di muka persidangan.

Tindak pidana ini turut melibatkan sejumlah pihak. Para terdakwa dalam kasus ini adalah AKBP Dody Prawiranegara, Kompol Kasranto, Aiptu Janto P. Situmorang, Linda Pujiastuti alias Anita, Muhammad Nasir, dan Syamsul Maarif.

Dody dituntut jaksa dengan pidana 20 tahun penjara dan denda Rp2 miliar subsider 6 bulan kurungan dalam perkara ini. Sedangkan Linda dituntut dengan pidana 18 tahun penjara dan denda Rp2 miliar subsider 6 bulan penjara.

Baca Juga:Beraksi di 15 Tempat, Penjambret Sasar Emak-emak Dibekuk Polisi Pekanbaru

Sementara itu, Kasranto dan Syamsul Ma'arif sama-sama dituntut pidana 17 tahun penjara dan denda Rp2 miliar subsider 6 bulan penjara dalam kasus ini. (*)

Berita

Terkini

Alami kisruh rumah tangga dengan Virgoun, Inara Rusli dikabarkan dekat dengan seorang vokalis band hingga dijodohkan. Terkait kabar tersebut, Ustaz Derry Sulaiman berikan tanggapan hingga jelaskan soal perceraian yang yang belakangan ini banyak terjadi.

Hiburan | 17:46 WIB

Pada Ikatan Cinta malam ini Selasa (30/5/2023) Anda akan menyaksikan keseruan cerita Ikatan Cinta yang sayang jika sampai terlewatkan, maka dari itu di mana saja Anda berada, tetap saksikan sinetron Ikatan Cinta RCTI.

Hiburan | 17:18 WIB

Selebgram cantik tanah air ini menganggap bahwa keperawanan tidal lagi penting. Ia sendiri sudah mengaku dirinya tidak lagi perawanan. Menurutnya yang terpenting adalah karakter dan value diri. Simak selengkapnya.

Hiburan | 15:25 WIB

Ada beberapa tips dan cara untuk menjaga agar mata tetap sehat. Terlebih jika sering menghabiskan waktu menatap layar handphone atau sejenisnya yang membuat mata sering merasa lelah.

Hiburan | 14:15 WIB

Bermain game tidak selamanya negatif. Aktifitas bermain game memang kerap dianggap hanya membuang-buang waktu dan membuat kecanduan, tetapi ada juga lho manfaat bermain game juga. Berikut adalah manfaat bermain game bagi si anak.

Hiburan | 13:30 WIB

Melalui kuasa hukumnya, Sugeng Teguh Santoso, Rizky menampik tudingan memeras Rebecca dengan ancaman bakal menyebar video syur pada 2022 lalu.

Hiburan | 13:24 WIB

Beredar narasi yang menyebut jika Habib Bahar bin Smith ngamuk-ngamuk setelah gelar habibnya dicabut. Lantas, benarkah klaim narasi tersebut?.

Hiburan | 13:15 WIB

Beredar video yang menyebut jika suami pedangdut Iis Dahlia, Satrio Dewandoro meninggal dunia. Video yang tersebar di media sosial Facebook tersebut menampilkan foto-foto kebersamaan keluarga Iis Dahlia.

Hiburan | 12:12 WIB

Kebiasaan mencuci kaki sebelum tidur, meski terlihat sederhana tetapi ternyata memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa.

Hiburan | 09:33 WIB

Simak kebiasaan Agnez Mo yang jarang diketahui

Hiburan | 09:14 WIB

Dengan dibentuknya Satgas Terpadu Penilaian Gedung dan Nongedung, diharapkan kita dapat bersama-sama mengurangi risiko gempa bumi," ujar Heru.

Metropolitan | 17:13 WIB

"Jadi dimasukkan ke dalam kotak, terus diikat di dalam kotak, di dalam kardus dibawa menggunakan motor, dibuang di TKP kedua (kolong Tol)."

Metropolitan | 16:35 WIB

Tiba-tiba ada dua pengendara sepeda motor melempar benda tumpul."

Metropolitan | 16:12 WIB

Ananda Mikola mengatakan, kebanyakan sponsor Formula E yang sudah meneken kontrak saat ini meruapakan perusahaan swasta.

Metropolitan | 15:43 WIB

Korban FF mengalami lebam dibagian wajah karena dipukul pelaku.

Metropolitan | 14:37 WIB

Ziva Magnoly yang lebih muda tampak menyemangati kakaknya bahwa yang terpenting adalah prestasi.

Gosip | 18:26 WIB

Vior merupakan ambassador dari tim Esports Onic.

Gosip | 18:11 WIB

Inara Rusli mendadak dapat tawaran untuk menjadi istri kedua dari seorang warganet di Instagram.

Gosip | 18:10 WIB

Inara Rusli bilang biaya hidup satu anak sampai dewasa senilai Rp3 miliar.

Gosip | 17:31 WIB

Bebi Silvana kecewa dengan mantan istri Opick, yang membiarkan sebuah kebohongan hingga membuat orang tak berdosa dihujat dan difitnah.

Gosip | 17:03 WIB
Tampilkan lebih banyak