Pengusaha Lokal Menjerit, Proyek di Bandung Barat Diduga Dikuasai Pokir DPRD KBB

Pengusaha di Bandung Barat mengeluh lantaran proyek pengadaan barang dan jasa di lingkungan Pemkab Bandung Barat diduga dikuasai oleh pokir DPRD KBB

Hendra H Rusdaya
Rabu, 29 Maret 2023 | 16:09 WIB
Pengusaha Lokal Menjerit, Proyek di Bandung Barat Diduga Dikuasai Pokir DPRD KBB
Ilustrasi:Kondisi Perkantoran Gedung Pemda KBB (Prokompim KBB)

SuaraBandungBarat.id- Pengusaha lokal Kabupaten Bandung Barat menjerit lantaran minim pekerjaan proyek dari Pemkab Bandung Barat sejak dua tahun terakhir ini lantaran terimbas pandemi covid-19.

Selain itu pengadaan barang dan jasa di lingkungan Pemkab Bandung Barat pun saat ini diduga mayoritas merupakan Pokok Pikiran (Pokir) anggota DPRD KBB.

Salah seorang pengusaha, Adang (40) menjelaskan, kendati telah memenuhi persyaratan undang-undang namun para pengusaha tersebut tidak memperoleh proyek pekerjaan.

"Habis semua dibabat sama program Pokir DPRD. Kita gak bisa dapat pekerjaan karena Pokir ini juga diduga sudah disiapkan pengusahanya," katanya, Rabu (29/3/2023).

Baca Juga:Mabuk Lalu Ancam Warga, Ketua Ormas di Langkat Tewas Dibakar Massa

Lebih lanjut ia mengatakan, usulan pokir anggota DPRD KBB secara regulasi dilindungi dan sudah diatur dalam undang-undang dengan tujuan untuk mewadahi aspirasi masyarakat yang tidak tercover dalam Musrenbang.

"Saya tau kalau Pokir itu diatur undang-undang. Tapi di KBB praktiknya kan malah membunuh para pengusaha lokal yang punya integritas dan rekam jejak pekerjaan. Sementara mereka cuma bawa pengusaha asal, bahkan cuma pinjem CV dari toko bangunan," katanya.

Adang menyebut, kuantitas pekerjaan dan besaran anggaran pokir milik anggota DPRD KBB tersebut jumlahnya variatif di setiap OPDnya. Bahkan ada dugaan di salah satu dinas hingga ratusan paket dikuasai pokir DPRD KBB.

Selain itu,  Pokir DPRD KBB tersebut juga tidak hanya berbentuk pengadaan barang dan jasa, bisa pula berupa pelatihan bahkan bimtek di satu dinas.

"Kalau gini yang terjadi bukan hanya pengusaha yang rugi. Tapi juga sistem demokrasi kita terancam. Mestinya fungsi DPRD itu mengawasi sekarang justru masuk ke ranah eksekusi melalui Pokir," katanya.

Baca Juga:Baru Mulai Langsung Panas, Rapat soal Transaksi Janggal Rp 349 T Bareng Mahfud CS Dihujani Interupsi Anggota Dewan

Salah seorang ASN KBB yang enggan disebutkan namanya menyebut bahwa beberapa paket proyek milik Pokir DPRD. Bahkan di kantor tempat dirinya bekerja setidaknya 200 paket pekerjaan merupakan Pokir anggota DPRD. 

"Betul banyak Pokir anggota dewan. Kurang lebih ada 200 paket kalau di dinas saya," katanya. (*)

Berita

Terkini

Pada Ikatan Cinta malam ini Selasa (6/6/2023) Anda akan menyaksikan keseruan cerita Ikatan Cinta yang sayang jika sampai terlewatkan, maka dari itu di mana saja Anda berada, tetap saksikan sinetron Ikatan Cinta RCTI malam ini

Hiburan | 16:10 WIB

Seperti diketahui jika Jessica Iskandar diduga menjadi korban dalam kasus penipuan yang dilakukan oleh satu rekan terdekatnya. Kabar ini telah menciptakan kehebohan di dunia infotainment Indonesia.

Hiburan | 15:04 WIB

Satu tokoh terkenal yang pernah diundang dalam acara tersebut adalah Zsa Zsa Utari, seorang artis dan model.Dalam kesempatan tersebut, Zsa Zsa Utari membahas banyak hal dengan para pembawa acara.

Hiburan | 14:08 WIB

Dikutip dari akun Instagram @lucintaluna_manjalita pada Selasa, 6 Juni 2023, Lucinta Luna mengunggah video di mana dia mengenakan celana dalam dan bra kemben.

Hiburan | 13:50 WIB

Film Kutukan Sembilan Setan ini diangkat berdasarkan kisah nyata, yang dijadwalkan bakal tayang pada 8 Juni 2023 mendatang.

Hiburan | 13:44 WIB

Menurut Inge Anugrah selama 17 tahun membina rumah tangga, merasa masalahnya dengan Ari Wibowo seperti siklus berulang tanpa perbaikan.

Hiburan | 12:55 WIB

Pelatih Persib, Luis Milla menyebut, kebugaran anak asuhnya berada di level yang normal saat menjalani latihan perdana, Senin (5/6/2023).

Olahraga | 12:14 WIB

Keputusan Teja mengenakan nomor punggung 12 diambil setelah Henhen Herdiana resmi dipinjamkan ke Dewa United.

Olahraga | 12:05 WIB

Sebab, Beckham Putra mendapat undangan pemberian penghargaan atlet SEA Games 2023 dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Olahraga | 11:54 WIB

Kepuasan seorang wanita saat melakukan hubungan ranjang dipengaruhi oleh berbagai faktor dari dirinya sendiri atau lawan mainnya. Dokter Boyke jelaskan soal bentuk Mr. P yang paling memuaskan wanita saat melakukan hubungan ranjang

Berita | 21:06 WIB

Keterangan saksi mata diduga akibat ledakan gardu listrik."

Metropolitan | 15:47 WIB

Ketua Koalisi Pejalan Kaki Alfred Sitorus mengungkapkan, sudah memprotes blokade trotoar tersebut.

Metropolitan | 15:21 WIB

"Dia pertama itu mepet-nya itu terlalu dekat banget kan, terus saya kan ngebut. Habis itu dia deketin saya lagi terus langsung jatoh."

Metropolitan | 13:18 WIB

Pengacara Riang menyebut, ada permintaan warga agar pembongkaran ruko makan badan jalan di Pluit ditunda 30 hari

Metropolitan | 13:00 WIB

Saat itu api belum dapat dipadamkan sehingga pemadam menambah jumlah personel

Metropolitan | 12:55 WIB

Ariel NOAH dan BCL tampil mesra di panggung Java Jazz Festival 2023.

Gosip | 17:34 WIB

Nia Ramadhani seksi saat hadiri acara ulang tahun temannya di Bali.

Gosip | 17:27 WIB

Jika borok Ari Wibowo dibongkar, Inge Anugrah khawatir anak-anaknya tak bisa hidup layak kelak.

Gosip | 17:21 WIB

Inara Rusli dianggap kelewat centil, berbeda dengan Ririe Fairus juga juga berstatus janda.

Gosip | 17:14 WIB

Jonathan Latumahina marah karena banyak yang menyebut putranya, David Ozora tidak mengalami penganiayaan berat.

Gosip | 17:01 WIB
Tampilkan lebih banyak