Cara Berpuasa Sehat Untuk Orang yang Memiliki Penyakit Maag dan Asam Lambung

Jika kita mempunyai riwayat penyakit maag ataupun asam lambung, dan kita takut untuk berpuasa. Maka disarankan melakukan beberapa hal yang bisa membuat puasa kita sehat di bulan Ramadhan ini. Jika kita pintar dalam memilih makanan dan menjaga pola makan, maka dijamin puasa yang kita jalani akan muda

Tita Kurnia Asih
Rabu, 29 Maret 2023 | 04:30 WIB
Cara Berpuasa Sehat Untuk Orang yang Memiliki Penyakit Maag dan Asam Lambung
Potret sayuran segar bagus untuk kesehatan. Berpuasa dengan cara sehat untuk penyakit maag dan asam lambung. (Jane Doan/Pexels)

 SuaraBandungBarat.id – Tips berpuasa sehat untuk penderita asam lambung dan maag. Bagi sebagian orang penderita asam lambung dan maag itu sama, padahal mereka memiliki riwayat yang berbeda.Yuk, kita belajar perbedaan penyakit asam lambung dan penyakit maag serta tips untuk berpuasa ramadhan bagi yang mempunyai penyakit tersebut.

Sakit maag atau secara medis disebut Sindrom Dispepsia dimana sekumpulan gejala akibat peradangan pada lapisan perlindungan di dalam lambung. Gejala maag mulai dari mual muntah, perut terasa begah dan perut kembung. Yang bisa disebabkan oleh beberapa kondisi, yaitu infeksi bakteri, luka pada lapisan lambung dan efek samping penggunaan obat-obat tertentu.

Penyakit asam lambung atau gerd yaitu naiknya asam lambung ke kerongkongan dan bisa terjadi jika otot bagian bawah kerongkongan melemah. Kerongkongan yang melemah sering dirasakan oleh perokok, lansia, obesitas, ibu hamil dan orang yang habis makan terus berbaring.

Nah, setelah kita mengetahui perbedaan dari penyakit maag dan asam lambung. Kita mulai membahas tips dari berpuasa bulan ramadhan yang sehat. Baik yang mempunyai maag maupun asam lambung, yang pertama kita harus mengatur pola makan sebaik mungkin.

Baca Juga:Jokowi Utus Erick Thohir Bertemu FIFA : Belum Punya Solusi Mempertahankan Piala Dunia

1. Makan Secukupnya saat Sahur dan Berbuka

Jika kita memakan terlalu banyak, makan perut kita akan bekerja lebih ekstra dan penuh. Daripada kita harus menghabiskan satu porsi sekaligus, coba kita membagi porsinya sedikit-sedikit dan habiskan secara perlahan dengan pola makan yang lebih sering.

2. Jangan Makan Terburu-buru

Makanan yang terlalu cepat masuk kedalam perut dalam jumlah yang banyak, dapat memicu banyak keluhan di lambung, apalagi makan sambil ngobrol bisa membuat udara masuk kedalam pencernaan. Hasilnya lambung kita terasa tidak nyaman.

3. Saat Sahur Berbuka dan Makan Malam

Baca Juga:Naskah Akademik Ranperda RTRW Sumsel Dinilai Asal-Asalan, Luasan Gambut Kian Hilang

Hindari makanan dan minuman yang dapat memicu asam lambung naik berlebih, maupun makanan yang dapat beresiko melukai lapisan lambung. Seperti makanan berlemak tinggi, makanan cepat saji, makanan asam, makanan pedas, minuman soda dan beralkohol serta minuman yang berkafein tinggi.

4. Konsumsi Makanan yang Sehat dan Bergizi Seimbang

Dianjurkan untuk memperbanyak asupan karbohidrat dan serat sehat seperti oatmeal, sayuran, protein tanpa lemak buah-buahan dan minum air putih yang banyak.

5. Jangan Berbaring Setelah Makan

Kebiasaan ini yang bisa menyebabkan tekanan lambung meningkat dan resiko asam lambung naik lagi ke kerongkongan.

6. Kendalikan Emosi dan Stress

Biasanya perut kosong bikin sensitif dan pusing, tapi kita harus bisa untuk kendalikannya dengan melakukan hal-hal yang kita sukai.

Dari tips di atas semoga kita bisa belajar untuk bisa tetap berpuasa meskipun kita mempunyai penyakit maag atau asam lambung. Karena berpuasa di bulan Ramadhan ini baik juga untuk kesehatan kita. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber Berita : Youtube / Alodokter

Berita

Terkini

Pada Ikatan Cinta malam ini Selasa (6/6/2023) Anda akan menyaksikan keseruan cerita Ikatan Cinta yang sayang jika sampai terlewatkan, maka dari itu di mana saja Anda berada, tetap saksikan sinetron Ikatan Cinta RCTI malam ini

Hiburan | 16:10 WIB

Seperti diketahui jika Jessica Iskandar diduga menjadi korban dalam kasus penipuan yang dilakukan oleh satu rekan terdekatnya. Kabar ini telah menciptakan kehebohan di dunia infotainment Indonesia.

Hiburan | 15:04 WIB

Satu tokoh terkenal yang pernah diundang dalam acara tersebut adalah Zsa Zsa Utari, seorang artis dan model.Dalam kesempatan tersebut, Zsa Zsa Utari membahas banyak hal dengan para pembawa acara.

Hiburan | 14:08 WIB

Dikutip dari akun Instagram @lucintaluna_manjalita pada Selasa, 6 Juni 2023, Lucinta Luna mengunggah video di mana dia mengenakan celana dalam dan bra kemben.

Hiburan | 13:50 WIB

Film Kutukan Sembilan Setan ini diangkat berdasarkan kisah nyata, yang dijadwalkan bakal tayang pada 8 Juni 2023 mendatang.

Hiburan | 13:44 WIB

Menurut Inge Anugrah selama 17 tahun membina rumah tangga, merasa masalahnya dengan Ari Wibowo seperti siklus berulang tanpa perbaikan.

Hiburan | 12:55 WIB

Pelatih Persib, Luis Milla menyebut, kebugaran anak asuhnya berada di level yang normal saat menjalani latihan perdana, Senin (5/6/2023).

Olahraga | 12:14 WIB

Keputusan Teja mengenakan nomor punggung 12 diambil setelah Henhen Herdiana resmi dipinjamkan ke Dewa United.

Olahraga | 12:05 WIB

Sebab, Beckham Putra mendapat undangan pemberian penghargaan atlet SEA Games 2023 dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Olahraga | 11:54 WIB

Dilansir dari Youtube Target Artis, bahwa Dul Jaelani menggrebek Irwan Mussry di Hotel hingga Maia Estianty kaget menemukan sebuah barang di celana Irwan Mussry. Setelah ditelusuri, tak ada pernyataan seperti itu, artinya informasi tersebut hoaks.

Hiburan | 20:43 WIB

Keterangan saksi mata diduga akibat ledakan gardu listrik."

Metropolitan | 15:47 WIB

Ketua Koalisi Pejalan Kaki Alfred Sitorus mengungkapkan, sudah memprotes blokade trotoar tersebut.

Metropolitan | 15:21 WIB

"Dia pertama itu mepet-nya itu terlalu dekat banget kan, terus saya kan ngebut. Habis itu dia deketin saya lagi terus langsung jatoh."

Metropolitan | 13:18 WIB

Pengacara Riang menyebut, ada permintaan warga agar pembongkaran ruko makan badan jalan di Pluit ditunda 30 hari

Metropolitan | 13:00 WIB

Saat itu api belum dapat dipadamkan sehingga pemadam menambah jumlah personel

Metropolitan | 12:55 WIB

Inara Rusli merasa warganet tidak sefrekuensi dengan dirinya.

Gosip | 16:26 WIB

Berstatus janda rupanya membuat Aura Kasih minder saat melihat orang dengan keluarga yang utuh.

Gosip | 16:20 WIB

Mario Dandy didakwa pasal berlapis oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Gosip | 16:17 WIB

Pada Ramadan yang lalu, Mutia Ayu juga diketahui merilis lagu bernuansa Islami berjudul "Melodi Ramadan".

Gosip | 16:16 WIB

Inara Rusli pamer lagi beli lingerie, tetapi bingung memakainya ke mana.

Gosip | 15:53 WIB
Tampilkan lebih banyak