CEK FAKTA: Ferdy Sambo Ancam Kapolri Jika Tak Bebaskan Dirinya dari Hukuman Mati, Boroknya Siap-siap Bakal Terbongkar

Kabar terbaru yang menyebar adalah Ferdy Sambo ancam Kapolri jika tidak membebaskan dirinya dari hukuman mati, maka akan dibongkar boroknya.

Reres
Senin, 20 Maret 2023 | 10:55 WIB
CEK FAKTA: Ferdy Sambo Ancam Kapolri Jika Tak Bebaskan Dirinya dari Hukuman Mati, Boroknya Siap-siap Bakal Terbongkar
CEK FAKTA: Ferdy Sambo Ancam Kapolri Jika Tak Bebaskan Dirinya dari Hukuman Mati, Boroknya Siap-siap Bakal Terbongkar (YouTube bernama Kanal Berita)

SuaraBandungBarat.id - Cek fakta: Ferdy Sambo ancam Kapolri jika tidak membebaskan dirinya dari hukuman mati, maka akan dibongkar boroknya, benarkah?.

Setelah melewati proses yang cukup panjang, persidangan kasus pembunuhan Brigadir Nopriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J akhirnya berakhir.

Vonis hukuman mati dijatuhkan oleh Majelis hakim yang memimpin sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan kepada terdakwa Ferdy Sambo, yang terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan pembunuhan berencana terhadap Brigadir J.

Pada Senin (13/2/2023), Ketua Majelis Hakim, Wahyu Iman Santoso, mengumumkan putusan tersebut. Sebelumnya, jaksa penuntut umum (JPU) menuntut Ferdy Sambo untuk dijatuhi hukuman pidana penjara seumur hidup.

Baca Juga:CEK FAKTA: Jenazah Ferdy Sambo Ditolak Warga Hingga Terpaksa Pemakamannya Harus Ditunda?

Tidak hanya Ferdy Sambo, Putri Candrawathi yang terlibat dalam kasus yang sama juga dinyatakan bersalah dan dijatuhi hukuman penjara selama 20 tahun.

Saat putusan dibacakan, Ferdy Sambo terdiam dan bahkan tidak mengeluarkan sepatah kata pun ketika meninggalkan ruang sidang.

Polri menegaskan akan menghormati putusan Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Ferdy Sambo terbukti melanggar Pasal 340 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) jo Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP tentang pembunuhan berencana dan Pasal 49 UU ITE jo Pasal 55 KUHP terkait obstruction of justice atau perintangan penyidikan terkait pengusutan kasus kematian Brigadir J.

Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo, menegaskan bahwa putusan hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan harus dihargai oleh semua pihak.

Kabar terbaru yang menyebar adalah Ferdy Sambo ancam Kapolri jika tidak membebaskan dirinya dari hukuman mati, maka akan dibongkar boroknya.

Baca Juga:CEK FAKTA: Live Eksekusi Mati Ferdy Sambo di Lembah Nirbaya Nusakambangan, Benarkah?

Sebuah video yang diunggah di kanal YouTube bernama Kanal Berita dengan judul "KAPOLRI DIBUAT KETAKUTAN OLEH FERDI SAMBO // TAMBANG ILEGAL JADI SEJATA SAMBO ??" menjadi viral dan telah ditonton ratusan kali.

Namun, setelah ditonton, video tersebut dianggap sebagai hoaks karena tidak memiliki bukti yang akurat untuk mendukung klaim judulnya.

Kabar bohong seperti ini sangat mudah menyebar di media sosial dan dapat menyebabkan kebingungan dan kepanikan di masyarakat.

Oleh karena itu, sebagai konsumen informasi, kita harus selalu memeriksa dan memverifikasi informasi sebelum membagikannya kepada orang lain. (*)

Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta bandungbarat.suara.com (Suara Network Jabar) mitra suara.com.

 Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). 

Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email [email protected]

Berita

Terkini

Usai menjalani sidang perdana terkait kasus perceraiannya dengan Natasha Rizky, Desta Mahendra berikan penjelasan kepada awak media. Desta menjelaskan bahwa memang benar, mediasi telah dilakukan sesuai dengan apa yang disepakatinya dengan Natasha Rizky.

Hiburan | 14:04 WIB

Meski digugat cerai, Natasha Rizky ternyata tetap membela Desta Mahendra secara mati-matian dari hujatan netizen. Saat ditanya soal sosok yang diisukan menjadi orang ketiga dalam rumah tangganya, Natasha mengatakan bahwa itu tidak benar.

Hiburan | 13:17 WIB

Usai menjalani sidang perdana terkait kasus peceraiannya dengan Desta, Natasha Rizky berikan keterangan kepada awak media. Saat ditanya soal jalannya sidang, Natasha Rizky mengungkapkan bahwa sidang perdana dengan agenda mediasi ini berjalan lancar.

Hiburan | 12:55 WIB

Hari ini, Senin (29/5/2023) Natasha Rizky, istri Desta Mahendra menghadiri sidang perdana di Pengadilan Agama (PA) Jaksel. Saat ditanya awak media, Natasha Rizky tak banyak bicara dan hanya meminta doa yang terbaik dari semuanya.

Hiburan | 12:10 WIB

Raffi Ahmad dan Nagita Slavina memperlihatkan kegiatan manasik haji yang dilakukan di kantor mereka. Raffi Ahmad dilihat dari channel YouTube RANS Entertainmet

Hiburan | 12:07 WIB

Berasal dari kalangan keluarga yang kurang mampu dari segi ekonomi. Ini biodata profil dr. Richard Lee yang belakangan ini menggaet Inara Rusli jadi brand ambassador (BA) produknya.

Hiburan | 11:38 WIB

Angela Lee kecelakaan mobil saat perjalanan menuju Semarang, intip profilnya lengkap dengan nama anak, suami hingga pekerjaannya saat ini.

Hiburan | 09:40 WIB

Angela Lee lakukan sayembara untuk temukan ponsel iPhone 13 Pro Max miliknya yang hilang saat peristiwa kecelakaan yang menimpanya pada hari Jumat (26/5/2023) lalu.

Hiburan | 09:35 WIB

Segenap mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung turut memperingati peringatan reformasi 98 yang ke-25 di tahun 2023 ini. Peringatan reformasi ini dilakukan cara berikut ini. Selain itu, mereka juga memberikan sikap terkait penyelesaian pelanggaran HAM masa lalu.

Daerah | 23:30 WIB

Cek fakta terkait kebenaran informasi dari sebuah video yang mengklaim bahwa dr. Richard Lee keceplosan ungkap Inara Rusli tengah dekat dengan sosok pengusaha muda kaya raya. Setelah ditelusuri, ternyata informasi tersebut adalah berita bohong atau hoaks

Hiburan | 22:21 WIB

Sejumlah ASN siapkan spanduk ukuran besar yang akan dibentangkan. Seperti tahun lalu di era Anies Baswedan spanduk akan dibentangkan saat BPK umumkan DKI raih opini WTP.

Metropolitan | 14:27 WIB

Raihan ini melanjutkan tradisi WTP sejak era eks Gubernur Anies Baswedan.

Metropolitan | 12:40 WIB

Sofyan dan Junaidi tercatat 9 kali beraksi di lokasi minimarket berbeda

Metropolitan | 12:33 WIB

Satu pelaku perampokan memaksa pegawai minimarket untuk menyerahkan kunci brankas uang sambil menodongkan pistol

Metropolitan | 18:21 WIB

Tak hanya memukul wanita, pelaku juga memukuli sopir yang menegurnya karena menyerobot antrean SPBU

Metropolitan | 18:16 WIB

Ayu Ting Ting tak tinggal diam usai dihujat warganet gara-gara jual baju bekas, bukannya beramal.

Gosip | 14:52 WIB

Jika mendapatkan hak asuh, Ari Wibowo berjanji tak akan membatasi Inge Anugrah bertemu anak.

Gosip | 14:27 WIB

Natasha Rizki meminta fitnah soal Desta selingkuh disudahi.

Gosip | 14:07 WIB

Desta memastikan tidak ada hal yang membuat ia dan Natasha Rizki jadi bermusuhan.

Gosip | 13:51 WIB

Natasha Rizki dan Desta akui berat untuk bercerai.

Gosip | 13:37 WIB
Tampilkan lebih banyak