Keistimewaan Membaca Al-Quran Kata Ustaz Adi Hidayat: Orang Tua Dipakaikan Mahkota di Surga Kelak

Ustadz Adi Hidayat menerangkan bahwa bagi penghafal Al Quran, orang tuanya akan dimuliakan oleh Allah kelak di surga dengan dipakaikan mahkota

N. Farkhan
Kamis, 16 Maret 2023 | 19:02 WIB
Keistimewaan Membaca Al-Quran Kata Ustaz Adi Hidayat: Orang Tua Dipakaikan Mahkota di Surga Kelak
ILustrasi, keistimewaan membaca Alquran. (Pixabay/freebiespic)

SuaraBandungBarat.id - Melantunkan kalam Allah memberikan kesejukan tersendiri bagi yang mengamalkan maupun mendengarnya, namun ada keistimewaan tersendiri bagi seseorang yang menghafalkan hal ini.
 
Menurut Ustadz Adi Hidayat, ada orang-orang yang akan masuk surga yang begitu disanjung dan dimuliakan oleh Allah karena dia memakai jubah kehormatan dan mahkota yang sangat indah yakni penghafal Quran.
 
Hebatnya, ketika seseorang tersebut akan memasuki surga, Qur’an langsung bicara, terdapat dalam tafsir Quran surat Fatir ayat ke 30-33.
 





 
Artinya:
Agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri (30) Dan apa yang telah Kami wahyukan kepadamu yaitu Al Kitab (Al Quran) itulah yang benar, dengan membenarkan kitab-kitab yang sebelumnya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Mengetahui lagi Maha Melihat (keadaan) hamba-hamba-Nya (31) Kemudian Kitab itu Kami wariskan kepada orang-orang yang Kami pilih di antara hamba-hamba Kami, lalu di antara mereka ada yang menganiaya diri mereka sendiri dan di antara mereka ada yang pertengahan dan diantara mereka ada (pula) yang lebih dahulu berbuat kebaikan dengan izin Allah. Yang demikian itu adalah karunia yang amat besar (32) (Bagi mereka) surga ´Adn mereka masuk ke dalamnya, di dalamnya mereka diberi perhiasan dengan gelang-gelang dari emas, dan dengan mutiara, dan pakaian mereka di dalamnya adalah sutera (33).
 
“Kata Qur’an Ya Allah, tolong bedakan penghafal Quran dengan yang bukan, hiasi, hiasi dia,” terang Ustadz Adi Hidayat.
 
Maka dipakaikan di kepalanya mahkota kehormatan yang dilukiskan sinarnya lebih terang dari sinar yang masuk ke dalam rumah kita. Tiba-tiba ketika dipakaikan, dipanggil kedua orangtuanya sebab mereka bisa mendidik anaknya hingga sanggup hafal Quran.
 
Selama orang tuanya beriman, tidak melakukan kesalahan fatal, dan memiliki amal saleh maka akan dipanggil oleh Allah, kemudian anaknya diminta membawa mahkota untuk dipakaikan di kepala kedua orangtuanya dengan gembira.
 
Penjelasan Ustadz Adi Hidayat ini juga selaras dengan dua buah hadits.

Dari Mu’adz al Juharni berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda “Barang siapa yang membaca Al-Quran dan mengamalkan isi kandungannya, akan dianugerahkan kedua ibu bapaknya mahkota di hari kiamat. Cahayanya (mahkota) lebih baik dari cahaya matahari di rumah-rumah dunia. Kalaulah demikian itu matahari berada di rumahmu (dipenuhi dengan sinarnya), maka apa sangkaan kamu terhadap yang beramal dengan ini (Al-Qur’an).” (HR Ahmad dan Abu Dawud).
 
Hadits riwayat Al-Hakim juga menyebutkan “Siapa yang membaca Al-Qur’an, mempelajarinya dan mengamalkannya, maka dipakaikan kedua orangtuanya pada hari kiamat mahkota yang terbuat dari Nur (cahaya) dan sinarnya bagaikan sinar matahari dan dikenakan pula pada kedua orangtuanya dua perhiasan yang nilainya tiada bandingannya di dunia. Keduanya bertanya, ‘bagaimana dipakaikan kepada kami semuanya itu?’ Allah menjawab, ‘Ini adalah pahala Al-Qur’an yang dibaca oleh anakmu.”(*)
 
Sumber: YouTube Amal Jariyah Channel

REKOMENDASI

BERITA TERKAIT

Berita

Terkini

Tampilkan lebih banyak