Dinkes KBB Cabut Status KLB Keracunan Massal di Bandung Barat

Status KLB telah dicabut sejak Senin 20 Februari 2023 seiring para pasien keracunan massal di Bandung Barat telah pulih dan sembuh

Hendra H Rusdaya
Rabu, 22 Februari 2023 | 18:14 WIB
Dinkes KBB Cabut Status KLB Keracunan Massal di Bandung Barat
Seorang pasien saat menceritakan kronologi saat peristiwa keracunan massal terjadi di Bandung Barat belum lama ini (Hendra H Rusdaya)

SuaraBandungBarat.id- Status Kejadian Luar Biasa (KLB) pada peristiwa keracunan massal di Kampung Cilangari, Desa Cilangari, Kecamatan Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat resmi dicabut Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bandung Barat.

Sekretaris Dinkes Bandung Barat Ridwan Abdullah Putra mengatakan, seluruh pasien yang menjalani perawatan baik di Puskesmas DTP Gununghalu maupun RSUD Cililin seluruhnya sudah dinyatakan sembuh dan telah kembali ke rumah masing-masing.

“Status KLB telah dicabut sejak Senin 20 Februari 2023, Alhamdulillah seluruh pasien yang dirawat sudah pulih. Dengan begitu status KLB keracunan kita cabut," katanya saat dihubungi Rabu (22/2/2023).

Ia menambahkan, pihaknya sebelumnya telah melakukan uji laboratorium terhadap sampel makanan yang dikonsumsi oleh masyarakat saat itu. Hal tersebut dilakukan guna mengetahui secara pasti penyebab keracunan massal di wilayah tersebut.

Baca Juga:BLACKPINK Akan Gelar Encore Konser BORN PINK di Stadium Terbesar Thailand

"Jadi ada dua bakteri pemicu keracunan. Pertama Staphylococcus aureus, ditemukan di nasi dan E. coli di dalam sumber air yang dipakai untuk memasak. Diduga yang paling kuat pemicu keracunan dari E. coli," katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, pihaknya pun menerbitkan rekomendasi agar warga setempat tidak langsung mengkonsumsi air tanpa dimasak terlebih dahulu.

“Warga harus benar-benar mendidihkan air hingga 100 derajat agar bakteri dalam air mati dan aman untuk dikonsumsi,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, ia mengimbau masyarakat untuk berkoordinasi terlebih dahulu dengan Puskesmas tatkala akan menyajikan konsumsi dalam skala besar agar petugas bisa memastikan kuliner yang disajikan dalam kondisi aman, sehat dan bersih.

"Kita imbau air harus selalu dimasak sebelum dikonsumsi supaya bakteri mati. Terus pembuatan konsumsi skala besar harus koordinasi dengan petugas kesehatan setempat agar dicek dulu dan aman," katanya.

Baca Juga:Mengenal SMA Taruna Nusantara yang Luluskan AHY, Mario Dandy Sempat Sekolah di Sini

Seperti diketahui, kejadian keracunan massal akibat makanan di Kampung Cilanggari ini terjadi, pada Sabtu (22/2/2023) yang mengakibatkan sebanyak 106 orang mengalami keracuanan dan dua prang diantaranya meninggal dunia. (*)

Berita

Terkini

Dilansir dari Youtube Target Artis, bahwa Dul Jaelani menggrebek Irwan Mussry di Hotel hingga Maia Estianty kaget menemukan sebuah barang di celana Irwan Mussry. Setelah ditelusuri, tak ada pernyataan seperti itu, artinya informasi tersebut hoaks.

Hiburan | 20:43 WIB

Beberapa restoran di Kabupaten Bandung cocok untuk candle light dinner bersama kekasih mulai dari Cocorico Fantasy Garden hingga Orofi Cafe.

Daerah | 20:40 WIB

Dilansir dari Youtube Bang Jono, bahwa Amanda Manopo dan Arya Saloka menangkan hak asuh anak. Setelah ditelusuri, tak ada pernyataan seperti itu, artinya informasi tersebut hoaks.

Hiburan | 20:35 WIB

Di mana saja Anda berada, tetap saksikan keseruan cerita Ikatan Cinta malam ini, Senin (5/6/2023) melalui link streaming yang sudah disediakan.

Hiburan | 20:25 WIB

Dilansir dari Youtube Vemi Liar, bahwa Uya Kuya berhasil menghipnotis Yuni Shara hingga Maia Estianty ingin mengugat cerai suaminya. Setelah ditelusuri, tak ada pernyataan seperti itu, artinya informasi tersebut hoaks.

Hiburan | 20:19 WIB

Kondisi kulit kusam terkadang membuat seseorang menjadi tidak percaya diri selain itu muka kusam juga memperlihatkan kesan kurang sehat. Karenanya berikut adalah tiga cara mengatasi kulit kusam dengan sederhana.

Hiburan | 19:35 WIB

Viral sebuah video beredar di media sosial yang memperlihatkan seorang pemotor bersembunyi di belakang mobil, rupanya takut karena di depan ada polisi yang sedang berjaga di lampu merah

Hiburan | 19:26 WIB

Pimpinan pondok pesantren Al Zaytun kembali membuat heboh dunia maya setelah viral videonya yang melarang mengaminkan doa melainkan menggantinya dengan lafaz ini.

Daerah | 19:25 WIB

Dirumorkan jika Legenda Andres Iniesta akan merapat membela klub Persib Bandung setelah sebelumnya pula ramai eks pemain Barcelona tersebut akan berlabuh ke klub Thailand. Berikut adalah kabar terbarunya.

Olahraga | 19:05 WIB

Viral sebuah video yang memperlihatkan detik-detik seorang pemotor tiba-tiba oleng dan menabrak pagar rumah orang hingga roboh

Hiburan | 18:59 WIB

"Akhirnya seperti bahasa saya Formula E dipenyelenggaraan pertama lu yang cetak lu yang jual dan lu yang beli," ujar Gembong.

Metropolitan | 04:35 WIB

"Telah dilakukan teror baik berupa tindakan lembaretan atau membuat cacat badan mobil pihak klien, serta adanya aksi demonstrasi lanjutan," ujar Joni.

Metropolitan | 21:03 WIB

"Kehadiran Hiu Paus di perairan Kepulauan Seribu telah terjadi sebelumnya pada beberapa tahun terakhir," ujar Suharini.

Metropolitan | 20:52 WIB

"Jadi ini ada penurunan sponsor? Waduh bahaya bangat," ujar Gembong.

Metropolitan | 18:36 WIB

Selang kompor gas yang terbakar."

Metropolitan | 18:14 WIB

Alan Walker jadi salah satu DJ terkenal di tanah air.

Gosip | 08:30 WIB

Halilintar Anofial Asmid merupakan ayah dari Gen Halilintar.

Gosip | 08:15 WIB

Yunho TVXQ akan tetap ambil bagian di konser yang berlangsung di Kyocera Dome dan Tokyo Dome.

Gosip | 08:00 WIB

Inge Anugrah sudah mantap bercerai dan tak mau rujuk dengan Ari Wibowo.

Gosip | 07:45 WIB

Mantap pakai hijab, Jenita Janet sumbangkan koleksi rambut palsunya.

Gosip | 07:30 WIB
Tampilkan lebih banyak